Mengenal Istilah Trust Issue, Serta Ciri-Ciri Seseorang yang Memiliki Krisis Kepercayaan Terhadap Orang Lain

- Selasa, 23 Mei 2023 | 15:14 WIB
trust issue (alex green/ paxels)
trust issue (alex green/ paxels)

JENDELAPSIKOLOGIA.COM – Apakah kita termasuk orang yang pernah mengalami suatu pengkhianatan atau kekecewaan yang begitu besar, sehingga akhirnya menyebabkan rasa takut dan sulit percaya lagi kepada orang lain?

Bisa jadi itu karena kita sedang mengalami trust issue. Dilansir dari Siloamhospital.com, trust issue adalah kecenderungan seseorang untuk tidak mempercayai orang-orang disekitarnya.

Orang yang memiliki trust issue ini biasanya tidak mudah percaya perkataan orang lain, bahkan merasa curiga dengan maksud dan tujuan seseorang ketika mendekatinya.

Baca Juga: Sulit Untuk Mengenal Diri Sendiri? Lakukan 4 Tips Kenali Diri Sendiri Berikut!

Masalah trust issue ini seringkali timbul karena adanya pengalaman tidak menyenangkan di masa lalu yang sulit untuk dilupakan, seperti dikhianati, disakiti, atau trauma di masa kecil, yang menyebabkan terbentuknya krisis kepercayaan atau trust issue.

Seseorang yang mengalami trust issue cenderung akan selalu berpikiran negatif, seperti berspekulasi bahwa orang disekitar akan menyakiti, mencelakai, atau mengkhianati, sehingga akhirnya mereka akan selalu merasa hati-hati, waspada, bahkan curiga terhadap seseorang.

Agar kita lebih tau apakah kita mengalami trust issue atau tidak, berikut adalah ciri-ciri orang yang memiliki trust issue:

Baca Juga: Benarkah Pola Makan Anak Kost Berpengaruh Pada Kesehatan Mental? Berikut Penjelasan yang Harus Kamu Ketahui!

1. Mudah curiga kepada orang lain

Adanya perasaan takut akan disakiti atau dikhianati kembali, membuat orang dengan masalah trust issue ini mudah sekali menaruh rasa curiga terhadap orang lain, bahkan kepada seseorang yang baru dikenal.

Hal ini terkadang dapat terjadi, karena seseorang ini memiliki kemiripan ciri atau karakteristik dengan seseorang yang pernah menyakiti atau mengkhianati kita di masa lalu

2. Protektif pada orang yang disayang

Ketakutan akan ditinggalkan atau dikhianati membuat orang dengan masalah trust issue memiliki sikap protektif, terutama kepada orang yang sangat disayangi.

Seperti pasangan, sahabat, atau temannya, sehingga tak jarang sikap ini kemudian akan menyebabkan sikap posesif dan cemburu berlebihan.

Halaman:

Editor: Anisa Nurfauziah

Sumber: Siloamhospital.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X